Pengamat HAM Rumazar Ruzuar

Pengamat HAM, Rumazar Ruzuar, mengingatkan petugas pengamanan dan para demonstran yang menolak kenaikan harga BBM bersubsidi jangan sampai terprovokasi. Kita berharap semua pihak sama-sama menjaga situasi sehingga terhindar dari hal yang tak diinginkan. Apalagi katanya juga masih akan ada aksi unjuk rasa pada Kamis nanti (29/3)," kata mantan Ketua Komnas HAM Sumbar itu ketika dimintai tanggapan dia di Padang, Selasa.

Menurut dia, situasi kerumunan massa memang sulit untuk menghindari tindakan-tindakan provokasi karena bisa datang dari pendemo atau aparat yang bersiaga. Justru itu harus sama-sama saling mengendalikan diri agar aspirasi yang disampaikan rakyat tersalurkan dan aparat menjalankan tugas sesuai prosedur tetap yang berlaku. Sebab berunjuk rasa merupakan hak demokrasi sebagai warga negara yang diatur undang-undang dan dijamin dalam HAM," katanya.

Menurut dia, dalam negara demokrasi kritik dari rakyat sangat penting sebagai kontrol terhadap kalangan penguasa, sehingga kebijakan yang dikeluarkan tidak semena-semena. Sebab, tanpa dikawal kebijakan yang dikeluarkan bisa otoriter dan berdampak luas. Kenaikan BBM jelas memberi dampak yang signifikan terhadap masyarakat yang tidak bergaji tetap karena melonjaknya harga barang pokok," ujarnya.

0 Response to "Pengamat HAM Rumazar Ruzuar"

Posting Komentar