Ritual Tabur Bunga

Warga Kota Pamekasan, Madura, Selasa malam, menggelar ritual tabur bunga di lokasi tabrakan maut di pertigaan Jalan Trunojoyo, Pamekasan. Aksi ritual tabur bunga ini dipercaya warga sebagai upaya untuk menekan terjadinya kecelakaan lebih lanjut di lokasi yang sama.

"Di Jalan Trunojoyo ini kecelakaan terbilang sangat sering dan kebanyakan korbannya meninggal dunia," kata warga setempat, Mulyadi. Masyarakat percaya, dengan melakukan ritual tabur bunga, berbagai bentuk mara bahaya diharapkan bisa lebih teratasi.

Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama ini, dipercaya oleh masyarakat yang tinggal di sepanjang jalan Trunojoyo Pamekasan itu, karena daerah tersebut merupakan kawasan yang banyak mahluk halusnya sehingga perlu dilakukan ritual tabur bunga.

"Di sepanjang jalan Trunojoyo ini kan banyak pertigaan dan perempatan jalan. Kepercayaan para orang tua dulu kalau di perempatan dan pertigaan jalan sering terjadi kecelakaan, makanya perlu dilakukan ritual tabur bunga," kata Mulyadi. Dalam kurum waktu selama 1 tahun ini, tercatat hampir terjadi 10 kejadian kecelakaan lalu lintas dan tiga kejadian diantara korbannya meninggal dunia.

Terakhir, kecelakaan lalu lintas yang menimpa seorang mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang masih duduk di bangku semester II. Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB Selasa (27/3) siang itu, akibat korban diserempet mobil tangki hingga akhirnya korban terpental ke jalan raya dan tewas di lokasi kejadian.

"Saat kini korban sudah dirujuk ke RS dr Slamet Martodirdjo Pamekasan," kata petugas lalu lintas di lokasi Kejadian, Aipda Ibarhim. Korban bernama Dakwatul Khairo, warga Omben, Kabupaten Sampang. Saat itu ia mengendarai sepeda motor Yamaha Mio bernomor polisi M 3710 MK.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian menuturkan, kecelakaan lalu lintas di Jalan Trunojoyo Pamekasan ini berawal, saat korban berjalan dari arah selatan ke utara. Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba sebuah mobil tangki menyerempet mahasiswa yang sedang mengemudikan sepeda motor itu. Korban lalu terpelanting, dan terlindas mobil tangki.

1 Response to "Ritual Tabur Bunga"