Penyakit Berbahaya Di LP Cipinang

Penyakit HIV menjadi penyakit terbanyak yang diderita penghuni rumah tahanan (rutan) kelas 1 Cipinang sepanjang tahun 2014. Tercatat, ditemukan 117 orang penghuninya adalah orang dengan HIV. Peringkat selanjutnya infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) 55 orang, scabies (48 orang), Dermatitis (41) dan Tuberkolosis (20).

Kepala Rutan Klas 1 Cipinang Asep Sutandar menyatakan, tingginya kasus HIV di rutan, membuatnya memberikan perhatian yang lebih terhadap penyakit ini. Untuk pencegahan penyebarannya, petugas kesehatan LP melakukan pemeriksaan tahanan yang baru masuk.

"Yang terindikasi kena HIV diikutkan program Provider Intensive Therapy and Counseling (PTIC)," kata kata Asep di Rutan Klas 1 Cipinang Jakarta Timur. Jika memang telah penderita HIV/AIDS, pihaknya memberikan obat Antiretroviral Therapy (ARV) dan mendapatkan penyuluhan dari tenaga ahli luar lapas sebanyak dua kali setiap minggu.

"Kami secara rutin melakukan screening HIV dan melakukan pemeriksaan hasilnya. Jika memang ada kita melakukan konsuling pada penderita," katanya.

0 Response to "Penyakit Berbahaya Di LP Cipinang"

Posting Komentar