Ada 2 Faktor Diri Dambaan Setiap Orang, Apa Saja Itu?

Studi di bidang psikologi mengungkapkan bahwa ada dua karakter utama dari manusia yang membuat mereka dipandang sebagai sosok yang ideal.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Amy Cuddy, Profesor, Harvard Business School, dalam buku Presence, dua karakter itu adalah kompetensi dan loyalitas.

Cuddy melakukan studi ini sepanjang 15 tahun dan melihat ada pola serupa setiap kali terjadi pertemuan pertama, entah kencan pertama, bisnis, dan pertemanan.

Semua orang, kata Cuddy, mencari kompetensi dan loyalitas dari orang lain sebagai jejaring kenyamanan.

Menurut Cuddy, saat kita kali pertama bertemu seseorang, secara tidak sadar, pikiran kita bertanya, “Apakah saya bisa mempercayai orang ini?”.

“Melihat dari perspektif krusial terhadap insting bertahan manusia, loyalitas dan kepercayaan menjadi unsur utama sebuah hubungan,” jelas Cuddy.

Selanjutnya, Cuddy mengatakan, kita akan mempertanyakan hal lain yaitu, apakah kita bisa menghargai orang ini?.

Kompetensi dan rasa menghargai biasanya menjadi pertanyaan besar manajer saat melakukan wawancara kerja terhadap calon karyawan.

“Rasa menghargai baru hadir ketika Anda sudah yakin bisa mempercayai orang tersebut. Setiap orang membutuhkan jaminan loyalitas sebelum memulai hubungan atau kerjasama,” pungkasnya.

0 Response to "Ada 2 Faktor Diri Dambaan Setiap Orang, Apa Saja Itu?"

Posting Komentar