Cara Menjaga Diri Dari Bos Kita Yang Kejam

Mencari nafkah adalah ibadah. Namun, jika selama proses bekerja untuk mendapatkan penghasilan halal, Anda harus mengalami dan menghadapi seseorang yang mencelakakan, apa yang harus Anda lakukan?

Pertanyaan, semakin sulit terjawab ketika pelakunya adalah sang atasan. Sebab, mencari gara-gara dengan bos, sama saja Anda secara sukarela minta dipecat tanpa kompensasi.

Sebenarnya, perilaku atasan yang bagaimana yang dianggap tidak manusiawi dan merugiakan bawahan.

Berikut uraiannya dan cara Anda melindungi diri sendiri dari sosok bos jahat yang tidak memikirkan kenyamanan bawahan:

Permintaan pekerjaan dan tugas berlebihan
Satu dan dua malam harus lembur di kantor, itu ritual biasa di peradaban modern seperti sekarang. Namun, jika sampai setiap hari, tak terkecuali di akhir pekan, maka ini saatnya Anda bersifat tegas.

Ingat, tenaga dan pikiran yang terlalu dipaksa bekerja berlebihan bisa merusak organ dalam tubuh Anda.

Beranikan diri untuk mendiskusikan beban kerja yang terasa sudah di luar batas normal. Jika si bos memiliki akal sehat, maka dia  akan mencari jalan keluarnya untuk Anda.

“Terlalu ambisius dalam mencapai yang mustahil adalah kunci utama kegagalan, Anda dan juga perusahaan. Biasanya, atasan tidak sadar bahwa beban kerja karyawan sudah terlalu banyak, Anda sendiri yang harus mengingatkan. Namun, ingat, apresiasi dari seorang karyawan yang selalu bisa diandalkan adalah beban kerja yang lebih banyak,” jelas Karen Burns, Pakar Karier, dan penulis di US News & World Report.

Permintaan untuk melanggar aturan
Si bos meminta Anda lebih “kreatif” dalam pembukuan keuangan, dia menugaskan Anda untuk memecat seorang karyawan secara legal, dan memberikan instruksi untuk tidak memedulikan aturan keselamatan kerja.

Permintaan ilegal dari atasan membuat Anda berada dalam posisi serba kalah. Pilihan Anda adalah cari pekerjaan baru. Namun, jika Anda tetap bertahan, jangan kaget jika Anda terseret ke pengadilan bersama si bos jahat.

“Anda bisa bisa berakhir menghadapi tuntutan hukum dan dipenjara, jika atasan Anda terlibat dalam tindakan ilegal,” jelas Lynn Taylor penulis Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behaviour and Thrive in Your Job.

Pelecehan seksual
Tindakan pelecehan seksual, verbal dan non-verbal, merupakan perbuatan pelanggaran hukum yang wajib Anda laporkan pada SDM atau pihak berwajib.

Anda perlu tahu bahwa satu dari tiga karyawan wanita pernah mengalami pelecehan seksual di kantor, sebanyak 38 persen mengatakan, pelakunya adalah sang bos.

Namun, sayang sekali, banyak karyawan wanita memilih diam dan mengundurkan diri.

Anda, jangan mengalah pada seseorang yang memperlakukan Anda buruk dan mempengaruhi rasa percaya diri. Anda harus melawan. Anda wajib melaporkan siapapun yang telah melecehkan harga diri Anda sebagai seorang wanita.

0 Response to "Cara Menjaga Diri Dari Bos Kita Yang Kejam"

Posting Komentar