Cara Menjawab Pertanyaan Yang Rumit

Google sudah terkenal dengan pertanyaan wawancaranya yang unik dan membuat banyak orang garuk kepala. Beberapa pertanyaan mereka, misalnya, "Bagaimana Anda menjelaskan database kepada keponakan Anda yang berusia 8 tahun?", "Berapa banyak bola golf yang bisa muat dalam bus sekolah?", dan "Mengapa tutup lubang got bundar?".

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa gunanya pertanyaan-pertanyaan ini untuk seorang manajer human resource development (HRD)?

Dalam wawancara bersama NPR untuk podcast Hidden Brain, Senior Vice President of People Operations untuk Google, Lazslo Bock, memberi tahu bahwa pertanyaan-pertanyaan ini sudah tidak digunakan di Google. Namun, HRD Google masih memiliki pertanyaan pintar lainnya untuk memprediksi Anda.

Salah satunya yaitu “Dalam skala satu sampai lima, berapa nilai Anda sebagai software engineer?” Walaupun terdengar mudah, pertanyaan ini bisa menjadi tanda kesuksesan Anda di kantor.

Lebih menariknya lagi, Google mengharapkan jawaban berbeda dari pria dan wanita.

Untuk pria, jawaban yang “paling memprediksikan kesuksesan” adalah empat.

Dia berkata, “Hipotesis kami mengatakan bahwa pria biasanya menilai kemampuan mereka telalu tinggi, dan secara umum, pria biasanya lebih tidak mengerti diri mereka sendiri daripada wanita.”

Bock melanjutkan, “Untuk seorang pria, mengatakan empat adalah sinyal -– bukan satu-satunya tapi sebuah sinyal –- bahwa dia lebih sadar diri, dan menyadari bahwa ada sesuatu yang bisa dia pelajari.”

Jika sifat yang rendah hati adalah kualitas yang diinginkan Google dari pria, lain halnya dengan wanita. Menurut Bock, untuk wanita, “skor yang paling memprediksi adalah lima dari lima.”

Dia menjelaskan, “Menurut hipotesis, karena begitu banyak tekanan sosial untuk wanita bersikap tidak menonjolkan diri sendiri dan rendah hati, dan segan, dan sederhana, dan menunggu hingga mereka benar-benar yakin daripada mengangkat tangan di kesempatan pertama seperti pria; secara umum bila seorang wanita berkata bahwa dia lima, kemungkinan besar dia akan memiliki EQ yang lebih tinggi dan lebih tanggap sosial.”

“Yang kedua, dia akan luar biasa! Dan, memang, itulah yang kita lihat,” ujarnya.

0 Response to "Cara Menjawab Pertanyaan Yang Rumit"

Posting Komentar