Hubungan Musik Dengan Olahraga, Apa Itu?

Tidak peduli apapun jenis olahraga yang Anda pilih, sebaiknya jalani dengan menyenangkan. Selain dapat terus memacu Anda untuk terus produktif, menemukan kesenangan selama berolahraga tak hanya sehat bagi fisik, tapi juga mental.

Untuk jenis olahraga intensitas tinggi seperti berlari atau bersepeda cepat, serta berlari jarak jauh, para ahli olahraga memaparkan bahwa tak hanya energi ekstra saja yang dibutuhkan, melainkan juga dorongan mental. Tujuannya, agar Anda tak mudah menyerah saat melakukan olahraga yang sangat melelahkan tersebut.

Kabar baiknya, Anda tak perlu repot mencari seseorang untuk memberikan dorongan mental selama sesi. Mendengarkan musik up-beat dinilai cukup efektif untuk membuat Anda lebih menikmati olahraga intensitas tinggi, ungkap sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences.

Studi ini melibatkan 20 pria dan wanita untuk melakukan interval berlari cepat. Pada sesi pertama, peserta diminta untuk mendengarkan lagu up-beat, dan pada sesi berikutnya, peserta diminta melakukan olahraga tanpa musik.

Para peneliti menemukan, semangat peserta dalam melakukan olahraga intensitas tinggi terbukti lebih positif saat diiringi oleh musik.

Peserta yang mendengarkan musik dinilai lebih menyukai olahraga tersebut ketimbang saat berolahraga dalam diam. Sehingga, risiko menyerah selama menjalani sesi latihan—seperti berhenti di tengah sesi atau semangat yang pudar—menjadi berkurang.

Jadi, mulailah untuk membuat sebuah playlist dengan lagu upbeat andalan, sehingga Anda dapat berolahraga lebih keras dari sebelumnya.

0 Response to "Hubungan Musik Dengan Olahraga, Apa Itu?"

Poskan Komentar