Kita Bisa Belajar Yang Bermanfaat Melalui Dongeng

Dongeng bukanlah sekedar pengantar tidur anak. Melalui kegiatan bercerita ini, orangtua bisa menanamkan nilai-nilai positif dengan cara menyenangkan.

Selain menghibur, dongeng juga memberi pesan yang baik sehingga anak lebih bersemangat untuk hidup lebih baik seperti tokoh-tokoh dalam cerita dongeng.

"Kegiatan utama anak adalah bermain, karena itu kalau ingin mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak harus dibuat menyenangkan, bisa lewat permainan, lagu, tontonan edukatif, atau pun dongeng," kata Vera Itabiliana psikolog klinis dalam acara yang diadakan oleh Pepsodent di Jakarta (11/10/2016).

Vera menjelaskan, melalui cerita anak akan belajar cara berkomunikasi secara efektif, melatih empati, dan yang penting membangun kedekatan emosi dan fisik antara ibu dan anak. "Kalau bonding sudah erat, anak jadi lebih mudah diarahkan," ucapnya.

Dongeng yang memiliki tokoh karakter hewan, atau disebut fable, termasuk salah satu cerita yang disukai anak-anak.

Karena anak-anak senang berimajinasi, mereka pun akan lebih senang dan tertarik pada binatang yang dibuat berperilaku seperti orang, misalnya saja bisa berbicara atau tertawa.

"Kalau anak sudah senang, mereka jadi gampang menyerap nilai-nilai yang ingin kita tanamkan," ujar Vera.

Mama Sigi dan Pepo

Dongeng juga dipilih oleh produk pasta gigi Pepsodent untuk mengampanyekan kebiasaan menyikat gigi pada anak-anak.

Lewat cerita petualangan Mama Sigi dan Pepo, orangtua bisa mengajak anak menyikat gigi sebelum tidur selama dua menit.

"Frekuensi anak tidak menyikat gigi di malam hari lebih tinggi pada orangtua. Dalam penelitian kami, 77 persen responden anak tidak sikat gigi di malam hari," kata Drg.Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, Head of Profesional Relationship Oral Care PT.Unilever Indonesia, dalam acara yang sama.

Padahal, melewatkan sikat gigi malam akan membuat bakteri yang ada di mulut lebih cepat berkembang biak dan memicu gigi berlubang.

Menurut Mirah, sikat gigi malam sebenarnya juga bermanfaat untuk menguatkan gigi karena kandungan fluoride dari pasta gigi bertahan lebih lama. "Dibanding siang hari, saat malam konsentrasi fluoride dalam gigi 1-4 jam lebih lama," katanya.

Untuk itulah sangat penting menanamkan kebiasaan baik menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Dengan dongeng, anak bisa lebih tertarik dan tidak merasa digurui.

Cerita petulangan Mama Sigi dan Pepo hadir dalam 21 cerita berbeda dan bisa diperoleh melalui cerita berbasis video di Facebook Peposedent dan cerita berbasis audio lewat ponsel dengan cara menekan *200*188# secara gratis.

0 Response to "Kita Bisa Belajar Yang Bermanfaat Melalui Dongeng"

Posting Komentar