Pilihan Pekerjaan Yang salah Membuat Kita Stres

Tidak ada pekerjaan yang benar-benar sempurna, sekalipun Anda begitu mencintai profesi Anda.

Namun, betapapun Anda bosan dan jenuh, karier yang tepat tidak akan membuat Anda muak atau letih berlebihan.

Pasalnya, rasa letih berlebihan pada tubuh, tidak melulu datang dari aktivitas fisik dan pikiran, tetapi berasal dari penolakan jasmani yang tidak Anda sadari terhadap pilihan pekerjaan yang salah.

Berikut tiga pertanda bahwa karier yang sekarang Anda jalani merupakan pilihan yang salah:

Anda tidak bahagia
Tidak bahagia adalah refleksi yang paling nyata dalam kepuasan bekerja. Rasa bahagia, tidak melulu soal gaji besar dan jabatan bergengsi.

Setiap hari Anda merasa tidak memiliki motivasi untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan demi menyempurnakan hasil kerja Anda.

“Setiap pekerjaan tidak selalu seindah pelangi dan semenawan langit biru,” ujar Vicki Salemi, Career Expert, di Monster, situs panduan berkarier asal Amerika Serikat.

Namun, dia mengatakan, apabila Anda tak lagi merasa semangat saat bangun pagi untuk bekerja, pekerjaan seperti beban ketimbang tantangan, dan Anda merasa kehadiran di kantor seperti angin lalu, baik bagi diri sendiri maupun atasan, maka bisa jadi kesalahan bukan pada diri Anda, tapi pekerjaan Anda tak lagi memberikan aktualisasi diri yang Anda butuhkan.

Anda seperti menghadapi jalan buntu
Salemi menanyakan, apakah Anda merasa kantor atau atasan tidak menganggap penting kontribusi Anda, apakah Anda merasa tidak dihargai, dan apakah Anda telah memprediksi bahwa promosi jabatan tidak akan datang dalam waktu dekat.

“Apabila Anda menyakini bahwa tahun depan atau lima tahun ke depan tidak akan ada penawaran promosi jabatan. Alih-alih Anda bekerja lebih keras demi mendapatkan pengakuan, lebih baik Anda beralih industri dan mulai mencari pekerjaan yang membuat Anda kembali kreatif dan semangat,” urainya.

Anda malas membicarakan soal pekerjaan
Pekerjaan tidak perlu jadi bahan pembicaraan utama dengan teman-teman, tetapi ketika muncul topik soal pekerjaan, apa yang Anda lakukan?

“Apakah Anda menghindari membicarakan soal pekerjaan? Anda merasa gelisah dan tidak nyaman, ini pertanda Anda benar-benar muak dengan pekerjaan yang Anda jalani,” pungkasnya.

0 Response to "Pilihan Pekerjaan Yang salah Membuat Kita Stres"

Poskan Komentar