Godaan Yang Sering Muncul Pada Waktu Kita Diet, Apa Saja Itu?

Anda mungkin menyadari ketika sedang berusaha menurunkan berat badan, perut justru menjadi lebih sering keroncongan. Hasilnya sudah bisa ditebak, upaya pelangsingan gagal total.

Kesulitan untuk mengendalikan rasa lapar itu ternyata ditemui pada banyak orang. Menurut sebuah penelitian, penurunan berat badan memang memicu nafsu makan meningkat.

Hal ini karena tubuh berusaha untuk mendapatkan kalori lebih gara-gara kita membatasi asupan makan. Tujuannya adalah agar berat badan tetap stabil. Dengan kata lain, tubuh justru melawan kita.

Dalam penelitian tersebut terungkap, nafsu makan meningkat dan seseorang justru makan 100 kalori lebih banyak sehari untuk setiap kilogram yang diturunkan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan rasa lapar sehingga usaha penurunan berat badan membuahkan hasil.

1. Lacak asupan makanan
Monitor seberapa rutin Anda ke gym atau jogging, tulis apa saja yang Anda makan. Evaluasi apakah asupan makanan Anda hari ini berlebih atau sudah sesuai. Sesekali cek timbangan untuk memastikan upaya Anda berada di jalur yang benar.

2. Angkat beban
Saat kita berusaha menurunkan berat badan, kita juga mengalami penurunan massa otot. Padahal, kita membutuhkan otot karena memiliki laju metabolik lebih tinggi dibanding lemak.

Karena itulah sangat penting melakukan latihan beban. Membentuk otot akan membantu mempercepat metabolisme. Jadi, walau Anda merasa terus ingin makan, tubuh akan lebih efisien membakarnya. Tingkatkan juga asupan protein sampai 30 gram setiap makan untuk mempertahankan otot.

3. Perbanyak serat
Hindari diet yang menyarankan Anda berpantang berbagai makanan. Tetaplah makan tiga kali sehari, tetapi perhatikan isi piring Anda. Konsumsi lebih banyak makanan mengandung serat dan air untuk membuat kita merasa lebih puas dan kenyang. Makanan seperti buah, sayuran, atau sup sayuran, akan membantu kita lebih kenyang sehingga asupan kalori lebih sedikit.

0 Response to "Godaan Yang Sering Muncul Pada Waktu Kita Diet, Apa Saja Itu?"

Poskan Komentar