Sistem EPON

Menurut admin Blog Andalas Comunity EPON dikonfigurasikan dalam mode full duplex (tanpa CSMA/CD). ONU atau sisipelanggan hanya dapat menerima trafik dari head-end, sehingga pelanggan tidak dapat melihat trafik yang ditransmisikan oleh pelanggan lain dan koneksi peer-to-peer dapat dilakukan melewati OLT atau head-end. OLT hanya mengizinkan satu pelanggan pada saat satu waktu untuk men-transmit-kan data menggunakan protokol e="font-size: 13px;">Time Division Multiple access (TDMA). Di bawah ini adalah gambar Sistem Pada Jaringan Akses Epon.
Sistem Pada Jaringan Akses Epon








Sistem EPON menggunakan arsitektur splitter optik, sehingga multiplexing sinyal dengan panjang gelombang (λ) yang berbeda, menurut sepengetahuan Saya. Untuk downstream menggunakan 1490 nm serta 1550 nm dan untuk upstream menggunakan 1310 nm. Dan perhatikan gambar Implementasi Epon dibawah ini.
Implementasi Epon











  • Komponen EPON
Menurut Saya bahwa komponen terpenting dari EPON adalah OLT (Optical Line Terminal) yang mewakili dari sisi operator atau CO. Sedangkan di sisi pelanggan terdapat ONU.
  • OLT
OLT bertempat di CO dan menghubungkan jaringan akses optik dengan WAN (Wide Area Network) yang juga lebih dikenal dengan backbone atau distribution. Menurut Saya OLT memiliki chip yang meng-integrasi-kan fungsi Ethernet Media Access Control (MAC) dan Central Processor Unit (CPU) embedded. OLT yang berasal dari vendor terkemuka biasanya memiliki beberapa fungsi tambahan, yaitu Fungsi EPON OLT IEEE 802.3 ah yang terintegrasi dengan CPU dan paket software-nya.
  • Hardware yang terprogram dengan Dynamic Bandwidth Allocation (DBA).
  • Chip pengendali managemen link ONU (saat ini sampai 127 ONU per OLT).
Lihat dan amati gambar di bawah ini, gambar di bawah ini adalah gambar Block Diagram Onu.
Block Diagram Onu









ONU dilokasikan pada end-user (FTTH, FTTB atau Curb). ONU memiliki 802.3ah WAN interface dan 802.3 subscriber interface. Fungsi utama dari ONU menurut saya adalah menerima trafik dalam format optik lalu mengubahnya ke format yang diinginkan oleh pengguna (Ethernet, IP multicast, POTS dan T1). Demikian informasi dari admin Blog Andalas Comunity tentang Sistem EPON, semoga bermanfaat.

0 Response to "Sistem EPON"

Posting Komentar