Teknologi Mobile WiMAX

Sekedar mengingatkan saja bahwa pada postingan sebelumnya di Blog Andalas Comunity membahas tentang Sistem EPON, dan kali ini seputar telekomunikasi akan membahas tentang Teknologi Mobile WiMAX. Menurut seputar telekomunikasi Mobile WiMAX yang berdasarkan atas standar IEEE 802.16e memungkinkan sistem WiMAX diterapkan pada aplikasi portable dan mobile maupun fixed dan nomadic. Mobile WiMAX memperkenalkan teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Multiple Access) dan mendukung beberapa fitur lain untuk menyediakan layanan mobile broadband bagi pengguna dalam keadaan bergerak sampai dengan kecepatan 120 km/jam.Dibawah ini adalah gambar dari Standar-standar yang ada dengan spesifikasi yang mendukung komunikasi sampai tingkat man di satukan dengan standar wimax.

Standar-standar yang ada dengan spesifikasi yang mendukung komunikasi sampai tingkat man di satukan dengan standar wimax











Fitur-fitur tersebut meliputi :
  • Toleransi pada multipath dan self-interference dengan ortogonalitas sub-kanal, baik untuk DL (downlink) maupun UL (uplink).
  • Scalable Channel Bandwidth dari 1.25 sampai 20 MHz.
  • Time Division Duplex (TDD) memberikan efisiensi yang mendukung trafik asimetris, pertukaran kanal, dan didukung oleh sistem antena yang maju.
  • Hybrid-Automatic Repeat Request (H-ARQ) memberikan tambahan ketahanan pada cepatnya perubahan kondisi path pada pengguna dengan kecepatan tinggi.
  • Frequency Selective Scheduling dan subkanalisasi dengan beberapa pilihan permutasi, memberikan kemampuan pada Mobile WiMAX untuk mengoptimalkan kualitas koneksi berdasarkan atas kuat sinyal relatif pada setiap pengguna.
  • Power Conservative Management memastikan efisiensi daya baterai pada perangkat mobile dan portable dengan mode sleep dan idle.
  • Network-Optimized Hard Handoff (HHO) menggabungkan fitur-fitur DVB-H, Media FLO dan 3GPP E-UTRA untuk: Data rate tinggi dan coverage luas menggunakan Single Frequency Network, Pengalokasian sumber daya frekuensi yang fleksibel, Konsumsi daya rendah pada perangkat mobile, Durasi switching kanal yang singkat.
  • Smart Antenna didukung oleh subkanalisasi dan pertukaran kanal memungkinkan penggunaan yang luas dari sistem antena termasuk beamforming, space-time coding dan spatial multiplexing.
  • Fractional Frequency Reuse mengendalikan co-channel interference untuk mendukung pengulangan frekuensi dengan degradasi efisiensi spektrum yang minimal.
Pita frekuensi dan bandwidth kanal yang dipilih oleh WiMAX Forum untuk versi awal mencakup mencakup banyak pengalokasian frekuensi yang ada di dunia. Tabel nerikut adalah rangkuman dari profil sistem Mobile WiMAX yang dikeluarkan WiMAX Forum. Pita frekuensi lain, bandwidth kanal dan FDD akan ditinjau untuk profil berikutnya. Dan di bawah ini adalah gambar dari Profil Sistem Release-1 untuk mobile wimax.

Profil Sistem Release-1 untuk mobile wimax









Dipostingan sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang tentang Teknologi Jaringan WiMAX, hanya sekedar mengingatkan saja dan barangkali anda mencari artikel tersebut. Demikian informasi dari admin Blog Andalas Comunity tentang Teknologi Mobile WIMAX yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon di betulkan.

0 Response to "Teknologi Mobile WiMAX"

Posting Komentar